Minggu, 04 Januari 2015

Perkembangan IPTEK dan Moral Masyarakat

Di era globalisasi ini kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari yang namanya Ilmu pengetahuan dan teknologi atau yang biasa kita sebut IPTEK, mulai dari hal yang kecil sampai masalah yang paling sulit, semua tidak lepas dari IPTEK, kita senantiasa membutuhkan sebuah sarana yang membantu dan memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal serta aktivitas kita sehari-hari salah satunya yaitu dengan IPTEK. Setiap hari diberbagai media baik televisi maupun cetak selalu ‘menghidangkan’ berbagai pengetahuan serta teknologi yang serba canggih yang bisa memenuhi kebutuhan individu maupun masyarakat yang kian meningkat. Semua orang dapat merasakan begitu banyaknya kemudahan yang dapat dinikmati.

IPTEK sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya bisa meningkatkan kualitas manusia. Tetapi terdapat juga efek negatif dari teknologi, bagi masyarakat yang belum siap mental.Teknologi  bisa berdampak negatif misalnya saja AntiSocial Behavior salah satu dampak dimana pengguna teknologi tersebut tidak lagi perduli pada lingkungan sosialnya, orang ini akan cenderung menutup dirinya dan tidak berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal, bila hal tersebut tidak ditanggulangi maka terjadi dampak yang buruk dimana manusia lama kelamaan akan individualis

Selain itu, juga berdampak pada moral manusia, bisa saja mereka menggunakan IPTEK untuk melakukan kejahatan kejahatan yang merugikan bagi masyarakat sekitar, contohnya, seseorang ingin mempunyai HP, tetapi ia tidak bisa untuk membelinya, tapi iya menghalalkan segala cara untuk memilikinya, maka ia mencuri untuk mendapatkan HP tersebut.

Sebenarnya cara mengatasi krisis mental yang belum siap yang banyak kita jumpai di masyarakat itu berada di diri masyarakat itu sendiri. Bila masyarakat mempunyai moral yang baik, maka ia akan menggunakan IPTEK ke arah yang Positif bukan yang Negatif. Contohnya, ia bisa menggunakan internet untuk mencari info info yang berguna bagi dirinya untuk kepentingan pendidikannya atau pekerjaanya, itu akan menumbuhkan mental yang positif dan ia akan memberikan pandangan positif kepada masyarakat sekitar bahwa perkembangan IPTEK itu Positif.

Jadi, kita harus memperkuat mental kita berawal dari pribadi diri sendiri dulu lalu kemasyarakat luas. Supaya tidak menyimpang dari tujuan awal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar