Jumat, 02 Januari 2015

Pentingnya Organisasi

A. Definisi Organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Menurut para ahli, pengertian organisasi sebagai berikut:
1.      Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
2.      James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
3.      Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4.      Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

B. Mengapa Organisasi itu penting?

1. Sebagai wadah untuk tempat bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Organisasi adalah merupakan merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan. Contohnya adalah Partai Politik. Sebuah parpol dibentuk berdasarkan sekumpulan orang yang ingin mencapai suatu tujuan yang sama.

2.Memperluas Pergaulan yang Positif
Kita berorganisasi selain untuk mencapai tujuan tertentu saja yang kita dapatkan, tetapi kita juga mendapatkan pergaulan yang positif. Kita bisa saling bekerja sama, sharing dan masih banyak lagi hal hal positif yang kita dapatkan selama kita berorganisasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar