Minggu, 04 Januari 2015

Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa

Masyarakat Indonesia umumnya terbagi dua yaitu Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa. Keduanya mempunyai hubungan yang sangat penting dan saling membutuhkan. Walaupun masyarakat kota unggul dalam segi tekhnologi, pendidikan dan pemikiran mereka sudah modern, tapi mereka hidup secara individualisme. Masyarakat kota perlu belajar kepada masyarakat desa walaupun mereka kurang pendidikanya, gaptek dan pemikirannya masih kolot,tetapi mereka hidup secara sosialisme bukan individu.

Masyarakat Kota tidak boleh meremehkan masyarakat desa begitu saja, karena masyarakat desa berperan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti, sayur-sayuran, beras, buah-buahan dan produk pangan lainnya yang dikonsumsi oleh masyarakat kota berasal dari masyarakat desa yang bercocok tanam.

Masyarakat Desa juga membutuhkan masyarakat kota untuk menaiki taraf hidup mereka supaya mereka tidak dibilang kolot atau kuno lagi. Mereka pun membutuhkan penyuluhan-penyuluhan yang melibatkan masyarakat kota yang pendidikannya lebih tinggi dari mereka. Penyuluhan tersebut bisa tentang bagaimana bercocok tanam dengan teknologi modern supaya tidak ketinggalan zaman.

Kita sebagai manusia haruslah hidup bersosialisasi, jangan hidup secara individualisme, karena kita sebagai manusia adalah makhluk sosial bukan makhluk individu. Jadi masyarakat kota tidak boleh meremehkan atau memandang rendah masyarakat desa karena masyarakat kota masih membutuhkan masyarakat desa untuk memenuhi kehidupannya sehari hari. Begitupula dengan masyarakat desa yang membutuhkan masyarakat kota untuk meningkatkan taraf hidup mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar