Minggu, 02 Juni 2013

Manusia dan Kebudayaan

Sebagaimana kita tahu, Manusia adalah makhluk sosial yang saling membantu satu sama lain.Bukanlah makhluk individual yang melakukan semua pekerjaannya sendirian. 

Dalam bermasyarakat Manusia mempunyai kebiasaan dalam masyarakat yang berbeda dalam setiap kelompok atau daerah. kebiasaan itu disebut juga dengan Budaya atau tradisi. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Budaya muncul karena sudah biasa dilakukan sejak zaman dahulu yang sudah turun temurun dilakukan oleh kelompok atau masyarakat disuatu daerah hingga sekarang. Contohnya Ondel-ondel, di jakarta sudah tak asing lagi dengan yang namanya Ondel-ondel. Ondel-ondel biasanya ditambilkan dalam bentuk pesta rakyat Betawi.

Manusia dan Kebudayaan memang memiliki suatyu hubungan.Saya simpulkan bahwa  hubungan Manusia dan kebudayaan itu ibarat Demokrasi. Dari masyarakat untuk masyarakat dan oleh masyarakat. Jadi kita haruslah melestarikan kebudayaan yang sudah berkembang sejak zaman dahulu, janganlah di sia-siakan.

refrensi 1
refrensi 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar