Bukalapak merupakan salah satu pasar
daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa
dikenal juga dengan jaringantoko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT.
Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual - beli daring (online) dengan
model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan
dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk
kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun
dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan
menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan
bayi, gawai (gadget), aksesoris gawai, komputer, sabak (tablet),
perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Bukalapak didirikan oleh
Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi
digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru
berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan
dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief
Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology
Officer). Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh
Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan
tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi seluler
untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut
diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses
lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone.
Etika dan Profesionalisme
Dalam Bukalapak
Etika
adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan
seseorang secara sadar untuk mentatati ketentuan dan norma kehidupan yang
berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau suatu organisasi. Etika organisasi
menekankan perlunya seperangkat nilai yang dilaksanakan ssetiap orang anggota.
nilai tersebut berkaitan dengan pengaturan bagaimana seharusnya bersikap dan
berperilaku dengan baik seperti sikap hormat, kejujuran, keadilan dan
bertanggung jawab. seperangkat nilai tersebut biasanya dijadikan sebagai acuan
dan dianggap sebagai prinsip-prinsip etis atau moral.
Profesionalisme
merupakan suatu tingkah laku, suatu tujuan atau suatu rangkaian kwalitas yang
menandai atau melukiskan coraknya suatu “profesi”. Profesionalisme mengandung
pula pengertian menjalankan suatu profesi untuk keuntungan atau sebagai sumber
penghidupan. Disamping istilah profesionalisme, ada istilah yaitu profesi.
Profesi sering kita artikan dengan “pekerjaan” atau “job” kita sehari-hari.
Tetapi dalam kata profession yang berasal dari perbendaharaan Angglo Saxon
tidak hanya terkandung pengertian “pekerjaan” saja. Profesi mengharuskan tidak
hanya pengetahuan dan keahlian khusus melalui persiapan dan latihan, tetapi
dalam arti “profession” terpaku juga suatu “panggilan”. Dengan begitu, maka
arti “profession” mengandung dua unsur. Pertama unsure keahlian dan kedua unsur
panggilan. Sehingga seorang “profesional” harus memadukan dalam diri pribadinya
kecakapan teknik yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaannya, dan juga
kematangan etik.
Profesionalisme yang tunjukan oleh CEO Bukalapak sudah terbukti
pada saat ini. Pihak dari bukapalak terus mengembangkan website dan aplikasi
mobile yang dibuat dan selalu dikembangkan oleh pihak dari bukalapak. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 Juli
2014, applikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user
Bukalapak. Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak
memiliki reputasi yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang
mudah untuk di akses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin
berkembang dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak
untuk transaksinya.
Bukan hanya profesionalisme yang ditunjukan
oleh pihak dari bukalapak, akan tetapi etika yang ditunjukan oleh user/pengguna
dari buka lapak itu sendiri juga mempengaruhi kesuksesan dari buka lapak. Etika
yang ditunjukan oleh user baik dari penjual yang terpecaya juga dari pembeli
yang setia mencari barang yang dibutuhkan di website yang telah berkembang
sejak bukalapak dibentuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar