Kamis, 30 Juli 2015

Tugas Ke 6 Bahasa Indonesia 2 Pengaruh Harga Terhadap Penjualan

Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.
Pada dasarnya semua produk dan jasa adalah price sensitif, artinya orang dimana pun akan cenderung mencari / membeli barang yang murah. Begitu juga saya, yang suka diskon tapi orang tidak suka membeli barang yang murahan. Sehingga beberapa pengalaman buruk membeli barang murah juga menyebalkan. Hingga saat ini yang dicari adalah murah tapi tidak murahan. Dari pengalaman pribadi juga, untuk pembelian produk yang belum familiar atau tidak mengetahui ilmunya secara pasti, barang bermerk dengan jaminan kualitas tentu lebih aman.
Harga dapat mempengaruhi volume penjualan dan pendapat suatu perusahaan. Oleh  karena itu dalam menetapkan harga suatu produk. Perusahaan harus pandai membaca kondisi yang ada di pasar dan menetapkan harga yang dapat bersaing sehingga dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan dan dapat terus mempertahankan bahkan lebih volume penjualannya dari tahun ke tahun. Saat melakukan penentuan harga sebaikanya dilakukan perhitungan matang agar harga yang akan dikeluarkan dipasaran adalah harga yang cocok dengan kualitas dll. Dan harga yang dikeluarkan dapat meningkatkan penjualan.

 Daftar Pustaka

https://annasahmad.wordpress.com/2010/09/20/berapa-besar-pengaruh-harga-terhadap-penjualan/


Organisasi. (2008). "Definisi Harga, Pengertian Harga, Tujuan dan Metode, Pendekatan Penetapan Harga Manajemen Pemasaran". http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-harga-tujuan-metode-pendekatan-penetapan-harga-manajemen-pemasaran.html (15 Juni 2015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar